Bandung Berpotensi Gempa Besar

Tahun 2009 bisa dikatakan sebagai tahun musim gempa, setelah gempa di Tasikmalaya, Padang, Jambi, Sulawesi, Papua, dan beberapa gempa kecil lainnya. Kini beredar berbagai kabar yang mengatakan bahwa akan terjadi beberapa gempa dahsyat lainnya diberbagai daerah diIndonesia (entah benar entah enggak, tapi semoga tidak terjadi..amin).

Saat berselancar diGoogle saya menemukan kajian seputar gempa yang kemungkinan bakal bisa terjadi di Jawa Barat khususnya Bandung kota ku tercinta. Menurut penelitian Kota Bandung dan sekitarnya terancam diguncang gempa besar berkekuatan 7,5(SR). Ancaman ini bisa muncul, jika terjadi pergerakan di sejumlah lempeng penyusun patahan Cimandiri-Lembang. Jika ini terjadi, gempa besar tersebut akan mengguncang cekungan Bandung. Selain Kota Bandung, Cimahi, Padalarang, serta Lembang, gempa juga mengintai sejumlah wilayah di Sukabumi, termasuk Palabuhanratu. Menurut Pak Danny (LIPI) Sesar Cimandiri-Lembang masih tergolong aktif dan yang menjadi masalah adalah daeras sesar tersebut merupakan daerah padat, dan jika terjadi gempa akan memakan korban yang sangat banyak. (wuih serem juga ya..)

Menurut Pak Denny, Sesar (patahan) yang memanjang dari Palabuhanratu Kab. Sukabumi hingga Maribaya Lembang itu tersusun oleh lebih dari lima segmen batuan. Salah satunya, Segmen Maribaya-Cimahi, yang panjangnya mencapai 25 km, jika terjadi secara bersamaan, pergerakan 3-4 segmen saja sudah bisa menimbulkan gempa dengan kekuatan mencapai 7,5 pada skala Richter (nah loh..)

Berdasarkan penelusuran, gempa berkekuatan 7-7,9 SR dapat mengakibatkan kerusakan serius pada areal yang cukup luas. Diperkirakan, gempa ini bisa menghancurkan sebagian besar gedung dan fondasinya. Bahkan, getarannya bisa menimbulkan retakan tanah di areal yang cukup luas. Kerusakan yang ditimbulkan bisa disetarakan dengan ledakan 160 juta ton TNT (trinitrotoluene).(wah segede apa tuh ledakannya, gak kebayang..)

Kalaupun yang mengalami pergeseran hanya satu segmen, menurut Danny, gempa yang ditimbulkan bisa mencapai 6 SR. Bahkan, jika Segmen Maribaya-Cimahi yang bergerak, kekuatan gempa bisa menembus angka 6,9 SR. Gempa ini cukup untuk menimbulkan retakan tanah dan menghancurkan bangunan dalam radius lebih dari 100 kilometer.

Sayangnya, menurut Pak Danny, hingga saat ini sesar Cimandiri-Lembang belum mendapat perhatian serius dari pemerintah. Padahal, potensi bencana yang akan ditimbulkan akibat pergerakan sesar tersebut cukup besar.

Yah mudah-mudahan gempa tersebut gak terjadi deh, trus buat kita semua ayo selalu waspada setiap saat, yang terpenting adalah selalu mendekatkan diri kepada ALLAH SWT disetiap saat…

sumber:www.geotek.lipi.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s