Twitter dan Facebook Lumpuh Diserang “Zombie”

WASHINGTON, KOMPAS.com – Situs-situs jaringan sosial terkemuka seperti Twitter, Facebook, dan Livejournal lumpuh selama beberapa jam, Kamis (6/8), akibat serangan DDoS (distributeed denial of sevice). Serangan ini dilakukan “zombie-zombie internet” atau disebut botnet yang selama ini sudah menginfeksi ribuan bahkan mungkin jutaan komputer pribadi dan kantor di seluruh dunia.

Pesan yang dikirimkan Twitter begitu serangan berhasil diatasi.

Pesan yang dikirimkan Twitter begitu serangan berhasil diatasi.

Pelaku serangan telah memerintah botnet-botnet yang dipeliharanya secara diam-diam untuk membanjiri akses ke situs-situs tersebut secara serentak. Akibatnya, tak kurang dari 300 juta pengguna Twitter, Facebook, dan Livejournal tidak dapat mengakses akibat trafik yang terlalu tinggi bahkan membuat server down.

Twitter mengalami kelumpuhan sekitar tiga jam akibat serangan yang terjadi sejak pukul 23.00 WIB. Selama tiga jam itu, sekitar 35 juta pengguna Twitter tak dapat mengirim pesan apapun. Facebook melaporkan gangguan yang sama dialami sekitar 250 juta pengguna. Sedangkan Livejournal melaporkan gangguan pada 21 juta penggunanya.

“Ini benar-benar serangan yang sangat mematikan,” ujar Stephen Tanase, analis senior dari Kaspersky seperti dikutip dari UsaToday. Tidak ada serangan sebesar itu yang terjadi lagi sejak Februari 2000. Saat itu, seorang bocaha berusia 15 tahun yang menamakan dirinya Mafiaboy memerintahkan botnet-botnet untuk melumpuhkan Yahoo, eBay, Amazon, Etrade, ZDnet, dan CNN.

Dengan melumpuhkan Twitter dan situs sejenis, penyerang seolah ingin menunjukkan betapa hebatnya jaringan botnet di dunia. Analis keamanan dari perusahaan antivirus AV, Roger Thompson memperkirakan 40 persen komputer yang terhubung ke internet saat ini terinfeksi botnet. Namun, pengguna tak sadar karena seringkali program berbahaya itu menyembunyikan diri dan berperilaku wajar sehingga sulit dideteksi antivirus.

sumber : tekno.kompas.com

Wah..ternyata situs jejaring sosial sekelas FB bisa terkena serangan ‘zombie’ juga ya, padahal keamanannya udah dibilang canggih. Diatas langit masih ada langit lagi, semoga dapat memberikan pelajaran bagi kita semua untuk terus selalu belajar. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s