Aku dan KaPeku, Capede … (Episode 1)

Bismillah, berikan kemudahanMu …

Disuatu pagi yang indah, diwal perkuliahan semester 6 (gak kerasa udah tua euy..). Aku bersama sahabatku Jayadi dan Bagus  ngobrol – ngobrol tentang rencana semester ini. Diawal semester ini kami berencana untuk sesegera mungkin mendapatkan tempat KP untuk liBuran semseter ini. Kami mencoba mencari berbagai informasi kesana kesini. Bertanya kepada senior – senior yg telah KP dan mencoba mencari info dari internet (berharap dapet nih, serius Mode:ON) . Setelah melalang Buana, akhirnya aku dan Jayadi berinisiatif untuk bertanya ke dosen. Kebetulan aku mengenal seorang dosen, yang dulu nya menjadi pembimbing gladi di Lampung. Segera aku mencoba untuk menghuBungi beliau. Pak Kore sapaan akrabnya, setelah ngomong panjang dikali lebar (emang mau ngitung luas..) akhirnya kami memBuat janji (cie..cie ^^) untuk bertemu.

Pada waktu yang dijanjikan, aku bersama jay (panggilan Jayadi..) pergi bertemu dengan Pak Kore. Ternyata diruangannya sudah banyak mahasiswa yang menunggu untuk bertemu dengan Pak Kore (maaf ya Pak kita mengganggu…). Karena kami tamu spesial Pake telor (martabak kalee..) kami langsung menemui beliau. Terjadilah percakapan yang sangat luar biasa pemirsa … untuk percakapan kali ini kita seBut saja Pak Kore dengan inisial PK

Berikut cuplikannya :

Aku        : “ permisi Pak, maksud kami kesini untuk mencari info tentang KP, prosedurnya seperti apa dan bagaimana ??? “

PK          :  “ oh, (dengan tersenyum) begini KP berbeda dgn Gladi, jika KP kita sendiri mencari perusahaan yang ingin menjadi tempat untuk kita Praktek. Syaratnya dilakukan di liBuran semester Genap nanti, dan syarat SKS telah mencukupi.”

Aku      : “ jika dilakukan Bukan di liBuran semester genap gimana Pak? “

PK        : “ oh bisa saja, gak mesti saat itu.Hal itu tergantung kesePakatan kita dg perusahaan …..“

Jay      : “ untuk dosen pemimbing akademik siapa Pak?”

PK        : “ itu bisa langsung ditangani oleh dosen wali kalian “

Aku      : “ ada refrensi tempat gak Pak, yang bisa Kpnya gak musti tiap hari dan saat liBuran?? Soalnya saya mau “ summer class” (cie istilah kerenya SP) saat liBuran nanti ?..”

PK        : “ oh coba aja kalian cari info ke PT. Inti atau Lipi “

(setelah basa basi yang cukup lama)

Aku      :  “ oh trimakasih banyak atas infonya ya Pak..”

PK        : “ iya sama –sama…”

Aku dan Jay :  mengucapkan salam dan pamitan untuk keluar ruanagn

Segera setelah selesai percakapan terseBut, aku dan jay segera menyusun strategi, langkah – langkah apa yang segera dilakukan, serta apa saja yang harus dipersiapkan (hehe terlalu dramatis).

Kemudian kami mencoba untuk mencari informasi di web telkom Risti (sekarang namanya  R&D Center). Diweb terseBut tertera nama serat persyaratan untuk Kerja Praktek (asyik secercah cahaya dan harapan terBuka). Setelah itu kami mencoba untuk menghuBungi pihak Risti. Setelah menunggu lama, ternyata tidak ada yg ngangkat tuh telpon. Akhirnya kami mencoba nelpon lagi dengan nomer yg berbeda. Eh ternyata yang ngangkat satpam Risti, trus kami dikasih nomer telpon lainnya. Setelah dihub kami disuruh menghuBungi Bu Herni. Beliau adalah orang yang bertugas untuk menangani masalah kerja praktek disana. Setelah panjang lebar, akhirnya kami disuruh mengirimkan surat izin KP dari jurusan serta proposal kerja praktek.

Kemudian secepat mungkin kami kirim semua persyaratannya. Setelah menunggu hampir 2 minggu kok gak ada kabar kaBur, akhirnya kami berinisiatif untuk datang langsung ke Risti. Iseng – iseng kami pun mengunjungi Lipi. Tapi argghh..kami  gak tau alamat yang pastinya dimana. Kata teman sih didekat ITB. Okeh dengan secuil petunjuk serta sebakul semangat kami pun berangkat. Tarik mang…

Perjalanan menuju Lipi cukup jauh, bisa dibilang dari ujung keujung, karena kami di Dayeukolot menuju Bandung Utara. Kira – kira 20 menit kami sampai di daerah ITB (seperti petunjuk mbh marijan. He3x).

Kami masuk ITB dari depan RS Boromeus, kemudian melewati masjid Salman, berbelok kekanan saat menemukan pertigaan Bonbin, dan kami bingung menentukan jalan selanjutnya. Didepan kami terdapat 2 percabangan jalan, kekanan atau kekiri ??? setelah diputuskan akhirnya kami memilih jalan kekiri.

Ternyata eh ternyata jalan yang kami pilih salah (kami tersesat dijalan yg salah) kami akhirnya kembali kejalan awal.  Karena takut slah akhirnya kami bertanya kepada seoarang mahasiswi ITB (kayaknya lumayan cakep dan pinter..hihihi). Kami pun bertanya :

Aku       : “ misi mbk, tau dimana LIPI gak? “

Anak ITB : “ apa itu mas? ….“

Aku      : “ itu loh mbk Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia “

Anak ITB : “ wah maaf saya gak tau…”

(dubrak..kirain tau, kita salah orang nih)

Tanpa kenal lelah pencarian pun trus dilakukan, dipercabangan jalan yang tadi kami berbelok kekanan, jalan terus hingga menemukan lampu merah. Loh kok temBusnya diprapatan Dago?? Kamipun bertanya kepada mbk2 ( kyaknya sih udah kerja). Terjadi percakapan lagi

Aku : “ punten mbk, tau Lipi dimana gak mbk?

Mbk : “ oh kelewatan dik, itu (sambil menunjukkan jalan yang dimaksud) belok kejalan yang disana, terus aja nanti ketemu Lipi. “

Aku :  “ makasih banyak ya mbk. “

Kamipun berbelok arah, menuju jalan yang dimaksud. Memang sih dari percabanagn jalan tadi tikungan ke Lipi memang nanggung bgt, gak kelihatan, karena jalannya pun menanjak.

Akhirnya…sampai juga kami di tempat yang dimaksud. Ngemeng – ngemeng tempat Lipi kok terpencil gini ya, papan namanya gak kelihatan hampir kami tak melihat (sssstt..padahal memang gak melihat, orang masih nyasar juga disana).

Disana kami menemui Pak Waluyai bagian Sekertaris Lab Telekomunikasi. Disana kami dijelaskan syarat yang harus dipenuhi juga dijelaskan Lab – lab yang ada disana. Ternyata Buanyakkk bgt labnya, kamipun diberikan brosur profil Lab – lab disana. Sebelum kami pamitan untuk pulang, Pak Waluyai menitipkan sesuatu untuk ITTelkom yaitu seBuah formulir seminar tentang Antena (heleh-heleh). Okeh deh baPak, trimaksih atas info dan oleh2nya….

Let’s go kita lanjutkan perjalanan ke Telkom Risti.

Telkom Risti yang sekarang di seBut sebagai R & D Center berada di wilayah Bandung Utara, di jalan Gegerkalong dekat kampus IM Telkom Bandung. Dari Lipi kira-kira 15 menit. Uh..udara saat itu terasa panas sekali, kemacetan lalu lintas udah sering terjadi di kota Bandung menambah sesaknya suasana saat itu. Aku berharap semoga cepat sampai ketujuan….

Sampai disana kurang lebih jam 11.55, beuh..sudah waktunya istirahat kantor tuh… terPaksa aku dan jay nunggu dulu hingga pukul 13.30. kami berdua pergi ke masjid yang da disana untuk sholat dzuhur, sesudah itu kami makan siang dulu…

Hm..ternyata susah juga ya mencari kerja itu, bolak balik, kekanan kekiri..( ya Allah,, mudahkanlah hambamu ini jikalau kelak akan mencari pekerjaan.)

Kamipun bergegas menujugedung Risti, disana kami bertemu dg bagian informasi. Disana kami minta dipertemukan dengan Bu Herni. Akan tetapi kami hanya dipertemukan melalui telepon saja. Ah klo seperti ini bisa di kosan aja..

Setelah panjang lebar, akhirnya kami disuruh ke gedung menara yang terletak di belakang gedung utama Risti. Di sana kebetulan ada yang lagi memButuhkan mahasiswa yang akan kerja praktek.

Service And Product Planning adalah tempat dimana kami harus menuju. Disana kami disuruh bertemu dengan Bu Ana Mulyani. Bu Ana adalah staf ahli yang menjadi pembimbing lapangan kami kelak. Setelah sePakat serta menyiapkan apa – apa saja yang mesti diButuhkan Alhamdulillah akhirnya kami mendapatkan tempat KP juga. Kami KP disana dari tanggal 1 April –  31 Juli 2009, hm waktu yang cukup lama… banyak pengalaman baik manis, asem, asin yang diperoleh disana. Eits cerita sesungguhnya akan segera dimulai …

Bismillah, beriakanlah kemudahan Ya Allah, agar  KP kami berjalan lancar..amin

To be continue ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s